"Tanpamu,
aku sebatas rindu yang tak pernah sampai ke peraduannya." - Fanny Salma (20yo)

Kamis, 20 Februari 2014

Tips Sebelum Ujian Ala CRAG

Setelah membawa tulisan CRAG tentang mudik, kali ini aku bawain tentang Ujian karna lagi musim Ujian. Tapi, jangan ditiru teman-teman CRAG ini ya.
Btw tahu CRAG kan? Kalo nggak tahu, mereka itu empat cowok yang ganteng-ganteng tapi konyol.

CRAG

 NB: Foto konyol CRAG. Ada Cakka dengan gaya alay dan sok cool-nya, ada Rio dengan gaya ikan sesak nafas, Alvin dengan gaya penampakan kharismatik (ala setan-setan yang ingin memunculkan wajahnya secara close up) dan terakhir, ada Gabriel yang berharap nemu sesuatu di dalam candhi.

***
TIPS SEBELUM UJIAN (ALA CRAG)

1. Berdoa
Jadi, berdoa itu penting. Soalnya, Tuhan selalu mendengar doa-doa hambanya. Kalo serius doanya, pasti dikabulkan.

Cakka: Bismillah...
Gabriel: Kok bismillah aja sih? Bukannya gue sok tahu. Meski pun agama kita beda, tapi ada lanjutannya kan?
Cakka: Iya. Tapi bismillah udah cukup kok. Lanjutannya dalam hati aja.
Gabriel: Emang lanjutannya gimana?
Cakka: Gini... bismillahirahmannirahim... allahumma bariklana fimaarazaktana wakinnaadzabannar

Tapi, perlu diingat. Berdoa lah yang sesuai sama keadaan ya! Kalau nggak bisa bahasa arab, pakai bahasa indonesia juga tidak masalah.

2. Usaha
Nah! Berdoa tanpa usaha itu sombong. Rasanya nggak afdhol pula. Jadi, usaha itu penting! Kalau berdoa aja, mana bisa berhasil? Orang kalau mau menang lomba lari kan nggak mungkin diam di tempat lalu berdoa sungguh-sungguh dan tiba-tiba ada di garis finish.

Alvin: Gimana persiapan lo?
Rio: Cool. Usaha besar pokoknya!
Alvin: Lah? Usaha apa emangnya?
Rio: Nih... *nyodorinsesuatu*
Alvin: Heh?! Nggak salah ini? Contekan, buku cetak, buku catatan sama ponsel???
Rio: Dan jangan lupa. Full kuota internet.

3. Minta Doa Restu ke Orang Tua
Orang tua itu doanya paling mujarab buat anak-anaknya. Kalau mau didoain, kita sebagai anak shaleh dan shalehah harus minta doa restu ke orang tua. Jadi, apa yang kita lakuin bisa berkah dan berhasil. Berbakti sama orang tua kan kewajiban, nah! Minta doa restu ini termasuk berbakti sama orang tua.

Rio: Anjiirrr gue diamuk gara-gara minta doa restu!
Gabriel: Kok bisa?
Rio: Iye! Katanya, gue kan masih sekolah jadi nggak boleh minta doa restu dulu.
Alvin: Bentar... bentar... kok alasannya karna masih sekolah?
Gabriel: Lo minta doa restu ke siapa deh?
Rio: Ke orang tua lah!
Alvin: Orang tua siapa?
Rio: Ify.
Alvin+Gabriel: TAPLAAAKKK!!! LO PIKIR MAU NGELAMAR ANAK ORANG???!

Dan sekali lagi, sesuaikanlah tindakan pada tempatnya. Minta restunya ke orang tua masing-masing ya! Boleh sih ke orang tua yang lain, tapi utamain dulu orang tua sendiri. Lalu, jangan salah  kaprah kayak si Rio ini.

4. Siapin Peralatan dengan Maksimal tanpa ada yang Kurang
Ini juga penting, guys! Jangan sampai waktu ujian, bukannya mikir cepet nyelesaiin malah bingung nyari pinjeman pulpen atau pensil ke temen. Jangan sampai. Yang ada, konsentrasi buyar dan waktu hilang percuma.

Cakka: Vin, bolpen gue mana?
Alvin: Lah, kok gue? Rio noh!
Rio: Apaan bawa-bawa nama gue?
Alvin: Lo nyolong bolpennya Cakka ya? Kasian tuh! Kan besok udah ujian. Lo mah, tega amat sama sohib sendiri.
Rio: Tembok! Kagak lah.
Cakka: Ya terus, siapa?
Rio: Coba tanya Gabriel.
Cakka: GABRIEEELLL!!!
Gabriel: Apaan?
Cakka: Liat bolpen gue nggak?
Gabriel: Kagak.
Alvin: Itu apa heh?! Di tangan lo!
Cakka: Eh iya tuh. Bolpen gue kan? Ada huruf C-nya. Lo maling ya?
Gabriel: Enak aja! Gue nemu tau!
Rio: Nemu dimana?
Gabriel: Di tas Cakka.

Tips tambahan: Kalau mau ngutil masih bisa. Tapi, bikin beda bentuknya dari pertama kali nemu. Misalnya, ilangin isi bolpennya atau silet jadi dua biar beda total.

5. Percaya Diri
Ini pentingnya banget-bangetan. PD itu harus! Kalau kita minder, lembar jawab kalian akan terus kosong karna nggak yakin sama jawaban sendiri.

Cakka: Seneng amat, Vin? Gue mah sedih, takut besok nggak bisa ngerjain.
Alvin: Jangan gitu dong! Kita tuh harus percaya diri man! Optimis!
Cakka: Wah... kayaknya lo udah persiapan banget. Bagi-bagi dong!
Alvin: Oke. Dengerin baik-baik.
Cakka: *ngangguk-ngangguk*
Alvin: Begini... *sokmikir*
Cakka: *masihngangguk-ngangguk*
Alvin: Lo tahu kan, gue itu ganteng seantero nusantara. Semua cewek ngejar-ngejar gue, naksir gue dan muja-muja gue gitu. Makanya, gue siapin ini... *sodorinsesuatu*
Cakka: Foto apaan nih? Selena Gomez, Kristen Stewart, Sivia Azizah...*sebutinsemuanya*
Alvin: Biar kepercayaan gue meningkat karna dipandangi mereka semua. Jadi, itu foto bakal gue pajang di meja waktu ujian.
Cakka: -___-

***

Sekian tips dari CRAG. Dan pesan gue, jangan lakukan apa yang mereka lakukan. Jadi, gimana menurut kalian?

"Semua yang kita lakukan adalah sebuah pilihan. Semua resiko, sekedar konsekuensi dari apa yang kita pilih." - 20 Feb 2014 (06:51 am)

0 komentar:

Posting Komentar